Tips membangun budaya cinta shalat berjamaah saat dirumah

Kita sebagai orang tua tentunya ingin memiliki anak yang mencintai Shalat. Tugas kita untuk mewujudkannya adalah dengan selalu berusaha menumbuhkan kecintaan anak terhadap Shalat, agar anak terbiasa dan selalu bersemangat mengerjakannya.

Lalu bagaimana cara kita membangun cinta Shalat pada anak?

Salah satunya adalah dengan budaya Shalat berjamaah bersama keluarga.


Nah ini dia beberapa petunjuk untuk membangun budaya Shalat berjamaah bersama keluarga.

Menyampingkan kepentingan lain sejenak

Alasan umum tentang Shalat sendiri-sendiri adalah karena anggota keluarga yang lain sedang sibuk. Perlu digaris bawahi ini penting banget buat kita lebih mengutamakan Shalat berjamaah bersama.

Menginisiasi Shalat untuk Shalat bersama

Sebagai orang tua sudah menjadi tugas kita untuk mengajak anak-anak kita berbuat kebaikan. Begitu juga dengan Shalat berjamaah. Tugas kita adalah mengajak anak-anak Shalat terlebih dahulu.

Membangun suasana yang nyaman dan tenang

Kalau Shalat diawali sama marah-marah, hem bukan malah bikin nyaman dan tenang tapi bikin enggak nyaman dan hilang kekhusyukan kita saat menjalankan Shalat, coba mengajak anak kita dengan pengertian dan penjelasan yang baik, insya Allah akan memberikan kesan yang baik pula.

Melakukan kegiatan seru dan bermanfaat setelah selesai Shalat

Jadikan waktu sesudah Shalat berjamaah waktu yang ditunggu-tunggu oleh anak. Dengan berdoa bersama, mengaji bersama, bercerita kisah-kisah nabi dan mengizinkan bermain lagi bersama teman-teman, pasti bikin anak-anak jadi ketagihan Shalat berjamaah lagi.

Menceriakan esensi Shalat berjemaah kepada anak

Ceritakan kepada anak betapa pentingnya melaksanakan Shalat berjamaah, dan apa manfaatnya untuk kita, dengan begitu anak bukan hanya sekedar menjalankan perintah Allah, tapi mengerti tentang pentingnya Shalat berjamaah bagi dirinya sendiri.

Komentar