4 Aplikasi gratis agar tubuh bugar dan imun tetap kuat.

Bisnis sampingan buat yang hobi berkebun

Ini yang kita rasakan ternyata banyak pekerja kantoran yang memiliki waktu luang dan mereka tidak memanfaatkan waktu tersebut dengan baik. Sehingga timbul pertanyaan. Apakah perusahaan melarang karyawan menjalankan usaha sampingan?


Waktu luang tersebut jika dimanfaatkan dengan baik akan memberikan keuntungan bagi Anda. Apalagi jika Anda tepat dalam memilih jenis usaha sampingan. Usaha sampingan memang pada awalnya mungkin hanya dianggap sampingan saja, tapi saat dijalankan dengan baik, bisa jadi berubah menjadi usaha skala besar lho. Buktinya banyak kisah para Entrepreneur yang berhasil mendunia berkat ide sederhana atau berawal dari usaha sampingan mereka dan menjadi sebuah usaha yang dapat diandalkan untuk jangka panjang.

Kamu hobi berkebun? Simak pekerjaan atau bisnis sampingan yang pas untuk kamu yuk!

1. Bisnis Tanaman Hias
Hobi berkebun membuat kamu memiliki pengetahuan akan cara merawat tanaman, banyak tanaman hias yang memiliki nilai ekonomi tinggi lho! Dengan mengembangkan sedikit tanaman kamu bisa meraup untung yang cukup besar, bisnis ini juga bisa kamu mulai dengan modal kecil.

2. Jual Hasil Panen
Kamu juga bisa memanfaatkan lahan baik yang besar maupun sempit untuk budidaya sayuran dengan berbagai metode. Dengan modal yang minim, kamu bisa menjual hasil panen tersebut ke orang-orang terdekat lho!

3. Rental Tanaman Hias
Saat ini, kamu juga bisa menyewakan tanaman hias yang kamu budidaya-kan lho. Kamu bisa menawarkan jasamu kepada Event Organizer, perkantoran, hotel atau restoran. Kamu bisa mendapatkan fee setiap kali ada event besar yang menggunakan tanaman hias sebagai penghias dekorasi mereka.

4. Buka Online Shop Pertanian!
Di zaman sekarang yang semua serba online ini kamu bisa memanfaatkan media sosial, e-commerce, atau blog pribadi untuk menawarkan produk pertanian. Kamu bisa menjual benih atau bibit tanaman, pupuk, alat-alat pertanian, dan sebagainya.

5. Menjadi Blogger/Vlogger Seputar Pertanian
Kamu bisa membagikan pengalaman dan pengetahuan seputar pertanian kamu kepada banyak orang dengan menjadi penulis lepas, blogger, hingga vlogger di YouTube. Saat ini, banyak lho platform yang menyediakan kesempatan untuk kamu menulis dan dibayar.

Nah itu dia rekomendasi bisnis sampingan bagi yang hobi berkebun yang saya kutip dari halaman Facebook Rumah Siap Kerja! Selamat mencoba!

Komentar