Tips Cerdas Kelola Keuangan Mulai Awal Kerja

Apa yang pertama di pikirkan setelah lulus kuliah ialah mendapatkan pekerjaan dan mendapatkan penghasilan, selanjutnya bagi seseorang apa pun pekerjaan yang diambil, mulai dari mendapatkan pekerjaan yang memang sudah diidam-idamkan sejak lama hingga meneruskan usaha orang tua, hal ini sekaligus sebuah pembuktian kita mulai menjadi pribadi yang semakin mandiri.


Selain itu kamu bisa menemukan lingkungan pertemanan dan mempelajari hal baru, tentunya gaji pertama yang jadi hal yang ditunggu-tunggu betul bukan. Ada empat hal yang dilakukan para pekerja baru dengan gaji pertama mereka. Apakah salah satunya juga kamu lakukan?


  1. Diberikan ke orang tua. Setelah selama ini dapat uang jajan bulanan, tidak sedikit pekerja baru yang memilih untuk membalas jasa orang tua dengan memberikan gaji pertama kepada mereka. Bisa seluruhnya, bisa juga sekian persen.
  2. Langsung tabung di bank. Ada langsung menyimpan gaji pertama di bank dengan tujuan yang berbeda-beda, mungkin ingin diinvestasikan mengikuti tawaran dari bank pilihan, ada yang untuk traveling, ada juga yang ingin umroh atau naik haji di masa depan.
  3. Bayar Tagihan bulanan. Pengeluaran tetap seperti makan, bayar cicilan, transportasi, kost dan lainnya tentu sudah mulai diperhatikan oleh para pekerja baru terutama bagi mereka yang sudah hidup mandiri.
  4. Beli barang idaman atau hangout. Kalau dulu mungkin sering sungkan minta uang ke orang tua untuk beli barang-barang koleksi/incaran atau untuk hangout, sekarang mereka bisa bebas beli barang yang sudah lama diincar dengan uang sendiri.

Masalah umum yang sering terjadi

Apa pun pilihan yang kamu lakukan terhadap gaji pertamamu dan seterusnya, persiapan untuk segala kemungkinan di masa depan perlu dilakukan sejak dini. Dalam pribahasa sedia payung sebelum hujan dengan memiliki penghasilan sendiri sering kali membuat kita ingin memanjakan diri dengan hal-hal yang kita suka yang belum kesampaian sebelumnya. Hal ini biasanya sering dilakukan bagi pekerja baru tanpa menyadari bahwa mana uang untuk ditabung dan mana uang untuk dibelanjakan, awal pertama saya memiliki penghasilan sendiri semua uang saya simpan di dalam satu rekening yang sama. Jadi uang yang harusnya saya tabung malah terpakai tanpa disadari.

Akhirnya saya berpikir Untuk mengatasi hal tersebut, untuk membuka dua rekening tabungan di bank yang berbeda dengan tujuan masing-masing, yaitu untuk tabungan atau investasi dan untuk pengeluaran harian, darurat, atau terencana. Jadi Keuangan saya jadi lebih teratur, tapi tanpa aku sadari, bukan mengatasi solusi malah menambah masalah, terkena biaya administrasi bulanan dari masing-masing rekening yang lama-lama cukup merugikan.

Untuk menghasilkan Solusi tentang keuangan yang lebih terencana dan terjaga saya tentu membutuhkan bank yang membantu memastikan bisa bebas melakukan transaksi tanpa takut kebablasan, tentu bank yang bisa membantu memaksimalkan tabungan lebih cepat, serta bank yang membuatmu terbebas dari biaya yang tersembunyi. Akhirnya solusi tentang keuangan saya terselesaikan di Jenius dari BTPN.

Ada 3 jenis kartu debit di Jenius yang bisa kamu manfaatkan untuk alokasi pengeluaran. m-Card, kartu debit utamamu, e-Card untuk transaksi online apa pun, dan 3 x-Card untuk keperluan spesifik seperti transportasi, makan, hobi, dan lainnya. Semua kartu debit Jenius bisa kamu atur dari fitur Card Center dalam aplikasi Jenius, seperti limit tarikan tunai harian, limit transaksi harian, atau kamu juga bisa block/unblock kartu langsung dari aplikasi jenius.

Di Jenius, kamu bebas dari biaya pembukaan/penutupan rekening, biaya administrasi bulanan, biaya pembuatan kartu, biaya transaksi, juga biaya penalti. Setiap bulannya, kamu juga mendapatkan 25 kali bebas transfer ke seluruh bank di Indonesia lewat aplikasi Jenius dan 25 kali tarik tunai dari ATM Prima/Bersama di seluruh Indonesia, tentunya kamu akan merasakan keuangan yang lebih teratur. Punya impian untuk traveling ke luar kota atau ke luar negeri setiap tahun? Mungkin saja. Jenius mengerti kebutuhanmu dan akan membantu meraih apa yang kamu harapkan. Asalkan kamu bisa memilah mana yang menjadi prioritas utamamu. Penasaran ingin mencoba yuk langsung cek di https://jenius.com

Yogi Purnama

Pernah menjadi seorang  programmer dan bercita-cita menjadi seorang pengusaha. Lalu berakhir menjadi seorang blogger

Tidak ada komentar:

Posting Komentar