Tips cerdas hemat belanja bulanan

Kadang secara nggak sadar pengeluaran bulanan makin membengkak karena belanja bulanan yang nggak terkontrol. Kita tentu perlu selalu cermat dan hemat. Jangan sampai lepas kendali karena merasa baru terima gaji. Kalau kita gak cermat bisa jadi muncul pikiran, “Gajian kemarin ke mana ya, kok udah habis aja? Padahal baru tengah bulan”.


Agar uangmu aman dari kemungkinan pengeluaran berlebih dari yang seharusnya, biasakan selalu menyiapkan budget khusus untuk belanja bulanan. Sayangnya, ketika semua uang kita tersimpan dalam satu rekening, gak mudah atur pengeluaran biar sesuai batas yang kita harapkan. Di bawah ini, ada beberapa tips yang perlu kamu ketahui agar belanja bulanan kamu lebih efektif dan bisa menghemat lebih banyak uang.

Nah, bagi Kamu yang masih kebingungan mengontrol belanja bulanan, simak tips mengelola belanja bulanan berikut ini!

Buat daftar belanjaan sesuai prioritas.

Membuat daftar belanja dan menentukan perkiraan jumlah uang yang akan dibelanjakan sangat penting untuk dibuat. Daftar belanjaan ini akan menghindarkan dari risiko membelanjakan sesuatu di luar dari kebutuhan prioritas yang dapat membuat pengeluaran menjadi membengkak.

Pilih-pilih tempat belanja.

Saat memilih tempat untuk belanja bulanan, pilih tempat belanja berdasarkan pada harga barangnya yang kompetitif. Jadikan faktor harga sebagai pertimbangan utama memilih tempat belanja bulanan.

Manfaatkan Diskon.

Berbelanja di saat promo diskon bisa jadi trik agar belanja bulanan menjadi lebih hemat. Manfaatkan kesempatan ini untuk membeli kebutuhan-kebutuhan yang emang udah diprioritaskan sesuai dengan kebutuhan, dan bukan karena keinginan, lho. Jadi Sobat nggak kalap saat membeli meskipun sedang ada promo diskon besar-besaran.

Manfaatkan Kartu debit jenius

Dengan kartu Jenius x-Card, kartu debit tambahan yang bisa kamu gunakan untuk tujuan tertentu. Kamu bisa mengatur limit belanja dan tarikan tunai harian ATM x-Card tersebut langsung dari aplikasi Jenius. Dengan pemakaian kartu yang bisa kamu atur pengeluaran kamu jadi akan lebih terjaga.

Yogi Purnama

Pernah menjadi seorang  programmer dan bercita-cita menjadi seorang pengusaha. Lalu berakhir menjadi seorang blogger

Tidak ada komentar:

Posting Komentar