5 Tips jadi Pribadi yang mudah bergaul

Tahu tidak sobat memiliki pribadi yang menarik mudah bergaul dan cepat beradaptasi dengan lingkungan di sekitar kita ternyata bisa mendatangkan peluang dan membuahkan hasil. Tidak itu saja kesempatan berharga pun datang tiada henti silih berganti. Memiliki pribadi yang menarik dan mudah bergaul meningkatkan koneksi kerja dan sosialiasi yang bisa jadi akan memudahkan urusan Anda di masa depan. Sebab, kepribadian yang hangat bisa membawa pikiran positif terhadap lawan bicara, teman dan rekan kerja. Tentu tidak semua orang pandai bergaul apa lagi cepat beradaptasi.


Berikut beberapa cara untuk mengatasi sifat pemalu dan senang menyendiri sehingga menjadi seseorang yang supel dan disukai banyak orang:

Berani singkirkan sifat pemalu

Coba singkirkan rasa malu, untuk memulai pembicaraan atau bergabung dengan pembicaraan berkelompok. Ada hal yang sebaiknya tidak lupa Anda lakukan ketika tengah berbicara dengan seseorang, yakni kontak mata atau menatap lawan bicara Anda. Sebab, studi ilmiah membuktikan bahwa kontak mata saat berbicara mengandung beragam makna dan manfaat positif bagi diri Anda.

Jangan mudah cemas

Satu hal yang bisa membuat rasa cemas dan depresi Anda semakin memburuk adalah pikiran negatif tentang diri sendiri atau lingkungan sekitar Anda. Jadi, jangan pernah merasa cemas dengan apa yang akan orang lain pikirkan tentang Anda. Oleh karena itu, salah satu cara untuk mengatasi rasa cemas dan depresi adalah dengan berpikir positif. 

Tingkatkan kepercayaan diri

Jika Anda seringkali mengalami saat yang canggung, sebenarnya hal tersebut terjadi karena Anda terlalu berlebihan dalam menganalisis situasi. Anda harus yakin dan percaya terhadap diri sendiri, serta tujuan Anda bersosialiasi. Kunci terpenting dalam berosialisasi adalah percaya diri, dan berpikir positif mengenai diri Anda sendiri.

Hadapi dengan tenang

Coba bertahap Anda dapat berlatih dengan orang terdekat agar terbiasa dengan situasi saat bertemu orang yang baru. Jangan lupa regangkan otot dengan santai dan rileks, serta perlahan saat berbicara, agar Anda terdengar alami saat mengobrol

Berlatihlah di depan cermin

Cara berlatih ini juga meningkatkan kepercayaan diri, dan membuat Anda bisa lebih fokus pada diri sendiri, ketimbang ketakutan yang muncul. Selain itu, berlatih di depan cermin juga dapat melihat bahasa tubuh Anda saat berbicara dengan orang lain.

Jika Anda telah melakukan beberapa tips menghilangkan sifat pemalu di atas namun perasaan tersebut tidak kunjung membaik, konsultasikan ke pada yang ahlinya.

Yogi Purnama

Pernah menjadi seorang  programmer dan bercita-cita menjadi seorang pengusaha. Lalu berakhir menjadi seorang blogger

Tidak ada komentar:

Posting Komentar