iklan banner
iklan banner

5 Makanan Khas Daerah di Indonesia yang Paling Populer

Sebagai orang Indonesia kita sudah seharusnya banyak bersyukur karena tinggal di negeri yang kaya akan keberagaman. Banyaknnya provinsi yang tersebar dari barat hingga timur membuat kita memiliki berbagai macam suku dan kebudayaan termasuk beragam makanan khas. Apa saja sihmakanan khas daerah di Indonesia? Simak di bawah ini, yuk.

Rendang



Makanan satu ini memang yah tidak ada duanya. Saking enaknya, makanan ini dinobatkan sebagai makanan terenak nomor 1 di dunia versi CNN pada tahun 2017 loh. Di Indonesia sendiri, nama rendang juga memang sudah tidak asing dan semua orang pasti tahu. Hal ini mungkin karena rumah makan padang yang menyajikan rendang, ada dimana-mana.

Rendang merupakan makanan yang berasal dari Minangkabau, Sumatera Barat. Makanan ini berupa daging yang memiliki bumbu berwarna hitam atau coklat. Biasanya, daging rendang disajikan dengan kentang berbentuk bulat kecil. Tekstur daging rendang sendiri bervariasi dari yang cukup keras hingga agak sedikit lunak. Kalau kamu pernah mencoba rendang dijamin deh bakal ketagihan!

Mie Aceh


Bagi para penggemar mie, makanan satu ini tidak boleh kamu lewatkan! Mie aceh terbuat dari mie berwarna kuning. Kamu bisa memakan mie aceh dengan berbagai macam variasi, mulai dari mie aceh goreng ataupun mie aceh kuah. Selain itu, campuran yang ada di dalam mie aceh pun bervariasi.

Jika kamu penyuka seafood, ada mie aceh dengan campuran isi berbagai macam hewan laut. Campuran lain yang biasa dimasukkan ke dalam mie aceh selain seafood adalah daging ayam, daging sapi, dan daging kambing.

Jika kamu tidak kuat pedas, jangan lupa sebelum membeli mie aceh kamu minta yang tidak pedas ya. Karena pada dasarnya, mie aceh adalah salah satu makanan yang menawarkan rasa pedas.

Pempek

pempeklince.com
Masih dari pulau Sumatera, makanan yang berasal dari Palembang ini memang sangat digemari. Makanan ini berupa ikan olahan tenggiri yang dibentuk menjadi berbagai macam jenis seperti pempek tekwan, model, adaan, dan sebagainya.

Untuk menambah kenikmatan ketika memakannya, kamu harus menambahkan cuko ke dalam piring pempek kamu. Cuko inilah salah satu rahasia mengapa pempek begitu digemari. Saking enaknya makanan ini, konon kalau di Palembang bahkan sarapan pun memakan pempek loh!

Ayam Taliwang

www.goodindonesianfood.com
Makanan khas daerah di Indonesia juga ada di Lombok, Nusa Tenggara Barat ini bisa dibilang tiada duanya. Ayam ini merupakan ayam bakar yang diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan rasa yang bikin kamu bakal ketagihan. Selain enak, ayam ini juga sedikit pedas sehingga kamu harus menyiapkan air ketika memakannya. Tapi kamu tidak akan menyesal kok jika memakan ayam taliwang ini.

Keripik Pisang


Keripik pisang memang identik dengan kota Lampung di Sumatera. Biasanya ketika orang pergi ke Lampung, salah satu oleh-oleh yang wajib dibawa adalah keripik pisang ini. Banyak rasa yang ditawarkan oleh keripik pisang dari lampung seperti coklat dan original.

Nah, jika kamu ingin memakan keripik pisang sekarang kamu tidak perlu jauh-jauh ke Lampung. Kamu bisa kok mendapatkan rasa keripik pisang yang lezat dari Bangnana Chips. Keripik pisang Bangnana Chips juga menawarkan banyak rasa, mulai dari cokelat, keju, dan masih banyak lagi.

Wah, hanya dengan membaca begitu banyaknya makanan khas daerah di Indonesia ternyata bisa membuat kita jadi ngiler. Nah, buat kamu yang suka traveling, jangan lupa untuk mencicipi makanan khas di daerah yang kamu kunjungi. Rasanya sih, makanan-makanan khas tersebut tidak akan ada habisnya jika kita coba cicipi satu persatu.
0 Comments

Silahkan Berkomentar untuk menjalin persahabatan, tapi jangan bikin spam.