iklan banner
iklan banner

Pengertian tentang fungsi ISP

Hampir 20 hari lamanya saya survai tentang internet dan kemanfaatan internet untuk masyarakat umum, pelajar dan mahasiswa. Hari ini saya ingin mengulas tentang apa itu ISP. Beberapa teman sering bertanya itu apa ISP secara keseluruhan dan fungsinya untuk apa.HEHE akhirnya saya mau tidak mau dengan sedikit membaca dan sedikit pemahaman tentang si ISP saya memberanikan menulis jika salah-salah kata mohon diluruskan.

Penyelenggara jasa Internet (PJI) (bahasa Inggris: Internet service provider disingkat ISP) adalah perusahaan atau badan yang menyediakan jasa sambungan Internet dan jasa lainnya yang berhubungan. Kebanyakan perusahaan telepon merupakan penyedia jasa Internet. Mereka menyediakan jasa seperti hubungan ke Internet, pendaftaran nama domain, dan hosting.

ISP ini mempunyai jaringan baik secara domestic maupun internasional sehinga pelangan atau pengguna dari sambungan yang disediakan oleh ISP dapat terhubung ke jaringan internet global. Jaringan di sini berupa media transmisi yang dapat mengalirkan data yang dapat berupa kabel (modem, sewa kabel, dan jalur lebar), radio, maupun VSAT. Untuk mendapatkan akses internet, sebuah komputer harus menggunakan jasa perusahaan penyedia layanan internet (ISP). yang disediakan oleh pihak ISP antara lain Peralatan-peralatan berupa server, router, dan lain sebagainya.

Fungsi lebih luas tentang ISP

Menyediakan layanan jaringan internet bagi para penggunanya sehingga bisa terhubung ke dalam jaringan internet.
  1. Sebagai perantara dalam menyediakan sambungan internet.
  2. Menghubungkan komputer client ke dalam gateway internet terdekat.
  3. Menyediakan perangkat modem sebagai sambungan dial-up.
  4. Menghubungkan pengguna ke dalam layanan informasi World Wide Web (WWW).
  5. Memungkinkan para pengguna untuk menggunakan layanan surat elektronik (e-mail).
  6. Memungkinkan para pengguna untuk melakukan percakapan suara melalui internet.
  7. Bisa juga melakukan proteksi dari penyebaran virus dengan menerapkan sistem anti virus kepada pelanggannya.
Awalnya ISP ini memiliki identik dengan jaringan telepon, karena dahulu ISP menjual koneksi dengan melalui jaringan telepon. Dan sekarang, seiring dengan perkembangan zaman, teknologi ISP tersebut berkembang tidak hanya dengan menggunakan jaringan telepon, akan tetapi juga menggunakan teknologi seperti wireless dan fiber optic.
0 Comments

Silahkan Berkomentar untuk menjalin persahabatan, tapi jangan bikin spam.