Cara Mudah menghubungkan domain sendiri dengan blogspot

Selamat pagi sahabat apa kabar! Rasanya ingin sekali saya menulis setelah lama berhari-hari bahkan berminggu-minggu dilapangan bahkan sampai tidak sempat membuka email dan membuka blogger. Kegiatan 2 bulan ini lumayan padat Full dilapangan dalam rangka survei intenert redesain. Duduk seperti biasa dipagi hari yang sejuk dan dingin sambil minum secangkir teh ditemani gemercik air hujan yang jatuh membasahi atap rumah. Rasanya tak cocok kalo enggak buka laptop sambil menulis karena hari ini waktu tidak begitu padat. Sekarang dengan kemajuan teknologi semakin pesat semua infomasi semakin cepat didapatkan, dan ide-ide yang tersimpan bisa dituangkan dalam buku bukan itu saja bisa kamu tuangkan dalam catatan digital yang semua orang bisa membaca, teman saudara sampai ke penjuru dunia. Ya! blog sekarang media yang begitu tepat untuk menyalurkan hobi menulis, blog bukan sesuatu yang asing buat kita, medianya pun beranek ragam bisa dari blogspot, wordpress, tumblr dan medium.


Pas buka laptop saya bingung mau nulis apa eh tiba-tiba saya teringat waktu dilapangan ada sesorang yang menanyakan “pak mau tanya saya punya blog tapi bingung bapakan pasti tahu tentang intenet dan blog, saya ingin menghubungkan blog saya dengan domain sendiri biar terlihat profesional, tapi tidak tau caranya, wah saya terdiam. Hem kayaknya bagus ni kalo saya nulis bagaimana mudahnya nya mengubungkan domain sendiri dengan cara yang mengasikan. Wow !!!!

Ini buat kamu blogger pemula yang ingin menghubungkan blog sendiri dengan domain. Apa sih domain itu! Domain adalah nama unik yang membedakan sebuah situs dengan situs lain. Ada banyak situs yang menawarkan domain gratis, seperti wordpress atau blogspot. Namun, nama yang dihasilkan “namauser.wordpress.com atau namauser.blogspot.com” akan membuat situs Anda terlihat menumpang. Sebaliknya, domain berbayar akan membuat situs Anda unik dan terlihat professional.

Haruskah Saya Menggunakan Domain Sendiri?
Ini semua kembali ke tujuan Anda sendiri. Jika hanya untuk tujuan personal dan sudah merasa puas dengan menumpang di domain lain “istilahnya subdomain”maka ini tidak perlu jadi masalah. Tapi, jika domain dirasa penting bagi tujuan Anda “baik untuk karir atau usaha” sebaiknya menggunakan domain sendiri sangat disarankan. Domain umum, seperti .com atau .net, harganya tidak mahal, di bawah 165rb/ per tahun. Seperti hostinger penyedia domain dan hosting paling murah cocok buat kamu yang ingin memiliki nama domain sendiri.

Nah jangan lupa setelah pesan domain kamu harus memesan hosting, nah apa lagi ini apa itu hosting Hosting adalah space harddisk dalam komputer server yang digunakan untuk penyimpanan database, email dan file web. Kalau diibaratkan sebuah rumah atau bangunan, hosting itu seperti tanah tempat bangunan itu berdiri. Semakin luas tanahnya, maka akan semakin leluasa pula kita dalam membangun, mau dibentuk seperti apa itu bangunan ya terserah kita. Manfaat memiliki hosting Kamu bisa membuat email dengan domain kamu sendiri dengan alamat email yang anda gunakan nantinya, tentu akan lebih profesional ketika anda menggunakan alamat email namaanda@namadomain.com dari pada menggunakan email gratisan.

Manfaat lainnya adalah anda bisa lebih leluasa, dengan nama domain yang otoritasnya anda pegang sendiri anda tidak perlu merasa cemas jika layanan subdomain (domain gratisan) yang banyak di gunakan orang tiba tiba tutup. begitu juga dengan hostingnya, dengan otorisasi yang anda miliki anda bebas memilih ingin hosting dimanapun

Sekalipun tidak memiliki situs, domain juga bisa menjadi investasi Anda di masa depan. Misalnya, Anda bisa saja membeli domain menarik dan mudah diingat sejak sekarang. Siapa tahu, mungkin suatu saat Anda bisa menggunakannya untuk blog personal, perusahaan sendiri, atau bisa juga dijual kembali.

Terus jika saya tidak memiliki hosting masih bisakah saya membuat blog, tentu bisa tulisan ini diperuntukan buat kamu yang hanya mempunya domain.

Terus kalo saya sudah memiliki nama domain cara menghubungkan nama domain ke halaman Blogspot milik saya sendiri bagaimana mudah banget Persyaratannya, Anda hanya memerlukan domain aktif di hostinger.co.id dan akun Blogspot aktif. Penjelasannya ada pada tutorial yang saya catat berikut ini.
  1. Pertama-tama, kamu masuk ke halaman utama Blogger Anda kemudian pilih blog mana yang ingin Anda hubungkan dengan domain anda lalu Klik menu pilih setelan.
  2. Pada bagian Publikasi, pada bagian bawah kolom isian Blog Address klik + Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda - Mengarahkan URL terdaftar Anda ke blog Anda. Kemudian akan muncul menu seperti ini. Di sini Anda perlu memasukkan alamat domain Anda pada kolom isian yang tersedia. Jangan lupa sertakan ‘www’ pada nama domain Anda tersebut. Klik tombol Save untuk melanjutkan
  3. Akan muncul pesan error pada bagian bawah kolom isian. Anda tidak perlu panik, abaikan saja terlebih dahulu. Bagian terpenting adalah Anda sudah mendapatkan cname 1 dan cname 2 yang akan Anda butuhkan untuk konfigurasi selanjutnya. Lihat gambar di bawah agar lebih jelas.
  4. Selanjutnya Siapkan data-data cname 1 dan cname 2 yang telah anda dapatkan sebelumnya, karena kamu adalah pemula silahkan minta bantuan penyedia domain & hosting anda untuk menbantu mengatur DNS 
  5. Langkah selanjutnya, silakan periksa kembali halaman konfigurasi Setelan pada Blogspot Anda. Klik tombol Save untuk melanjutkan. Apabila Anda masih menemukan notifikasi Error 12 maupun pesan kesalahan sejenis, mohon tunggu proses pointing karena terkadang membutuhkan waktu hingga 1x24 jam.
  6.  Setelah proses saving selesai, buka kembali halaman konfigurasi domain Anda dengan meng-klik URL Edit. Pastikan bahwa kotak checkbox redirect (alamat website) to www telah dicentang.
Semoga tulisan ini bermanfaat terutama buat kamu yang baru ngblog dan ingin mengubungkan domain baru dengan blogspot atau yang berencana membeli domain dan hosting untuk beralih ke wordpress. Di Hostinger, Domain .COM termurah dengan fasilitas DNS Management dan Full Akses ke Domain Manager bisa Anda dapatkan dengan harga terjangkau. Klik tautan berikut untuk daftar sekarang!

Yogi Purnama

Pernah menjadi anak IT dan bercita-cita menjadi seorang programer. Lalu berakhir menjadi seorang blogger dan menikmatinya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar