Mari Pelajari & Jelajahi bersama Salman Sofia

Sekarang dunia teknologi semakin canggih, teknologi sepertinya tidak bisa dipisahkan dengan kita, sebagai orang tua tak bisa menghindari dari kecanggihan teknologi yang begitu cepat, apalagi Pada zaman sekarang sering kita jumpai fenomena anak kecil yang sudah pandai menggunakan gadget canggih. Baru berapa detik saya ajaran cara unduh vidio dan cara pasang wifi dismartphone arkan said langsung cepat bisa dan saya sadari mungkin pada saat ini kita tidak akan pernah melihat anak-anak yang bermain dengan permainan tradisional.


Sudah menjadi pemandangan yang langka bahkan hampir punah dikalangan anak-anak modern. Game di gadget adalah salah satu pilihan dan bahkan menjadi permainan favorit bagi anak-anak zaman sekarang. Anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang cukup tinggi sehingga ketika melihat orangtuanya menggunakan gadget pasti berusaha untuk meraihnya. Sebagian orangtua terkadang langsung memberikannya supaya si kecil tenang dan tidak rewel. Memang tidak ada salahnya memberikan gadget bagi anak, namun apabila hal tersebut menjadi kebiasaan akan berbahaya bagi si kecil.

Kebiasaan anak-anak yang asik dengan gadget akan berpengaruh terhadap kemampuan otak dalam menangkap informasi. Salah satunya yaitu ketika anak mendapatkan pelajaran di kelas cenderung susah untuk memahami apa yang disampaikan oleh guru. Selain itu, anak-anak juga cenderung malas untuk belajar dan membaca buku akibat dari kecanduan untuk bermain gadget sehingga prestasi secara akademik menurun.

Ada yang mengusik dalam hati saya apakah anak anak kita nanti bisa memahami isi alquran dengan kecanggihan teknologi sekarang. Anak lebih suka kepada permainan game atau menonton film melalu channel youtube.
Dari Sayyidina Mu'adz Al-Juhani Radhiyallahu 'anhu, Baginda Rasulullah Shallallahu 'alaihiwasallam bersabda, "Barangsiapa membaca Al-Qur'an dan mengamalkan apa yang terkandung di dalamnya, maka kedua orang tuanya akan dikenakan mahkota pada hari kiamat yang cahanya melebihi cahaya matahari seandainya ada di dalam rumah-rumah di dunia ini, maka bagiamanakah perkiraanmu mengenai orang yang dia sendiri mengamalkannya?" (HR. Ahmad, Abu Dawud dan Hakim)

Tidakkah kita ingin menjadi orangtua yang akan dikenakan mahkota pada hari kiamat ?

Yang bahkan cahayanya melebihi cahaya matahari ?

Siapakah orangtua yang mendapatkan itu ?

Yaitu, orangtua yang mengajarkan anaknya membaca Al Quran, yang mendidik anaknya dengan didikan Al Quran, yang dirumahnya selalu terdengar lantunan ayat suci Al Quran.

Dengan kecanggihan teknologi apalagi dengan adanya telpon pintar semua aplikasi ada didalamnya tentu dibalik sisi negatif tersimpan banyak manfaat untuk itu mari kita seimbangkan itu semua, hari ini tak sengaja saya buka sosial media dan salah satu pengembang aplikasi Islami di Indonesia. Ternyata menghadirkan dua karakter Salman & Sofia, bisa di unduh di play store untuk menemani anak - anak kita agar cinta terhadap Al Quran, dapat mengingat dan menghafal Al Quran dengan mudah. Dengan adanya youtube channel, serta aplikasi pada smartphone untuk melatih hafalan anak, diharapkan dapat menyeimbangi pemakaian teknologi secara bijak dan bermanfaat. 

Yogi Purnama

Pernah menjadi seorang  programmer dan bercita-cita menjadi seorang pengusaha. Lalu berakhir menjadi seorang blogger

Tidak ada komentar:

Posting Komentar