Langsung ke konten utama

Tips menjadi pekerja freelance

Profesi freelance sudah ada sejak dulu di Indonesia. Hanya beda istilah. Orang tua kita menyebutnya kerja serabutan. Statusnya memang dipandang sebelah mata karena kurang mengangkat derajat sosial. Namun, seiring dengan meluasnya penggunaan internet, kini profesi freelance mulai diakui dan digandrungi.


Jenis pekerjaan freelance yang bisa digarap juga kian meluas hingga melebar ke beberapa sektor formal, meski sektor informal tetap yang terbanyak. Misalnya, redaksi, editor, penerjemah, desainer grafis, programer komputer, dan konsultan. Syarat agar kamu bisa menjadi seorang freelancer juga tidak sulit. Asalkan kamu punya keahlian dan waktu.

Nah, sebelum kamu memutuskan meniti karier melalui jalur freelance atau karyawan, tidak ada salahnya jika kamu memerhatikan perbedaan kedua jenis profesi itu. Apa untung dan ruginya jika kamu jadi freelancer atau karyawan? Yuk disimak saja paparannya!

Penghasilan Freelance Tidak Tetap, sedangkan Penghasilan Karyawan Tetap

Penghasilan yang diterima freelance tidak tetap, sedangkan penghasilan yang diterima karyawan adalah tetap per bulan. Freelancer part-time bisa meraup penghasilan 2–3 kali lebih tinggi dari standar gaji karyawan, tapi bisa juga sebaliknya. Sebab, penghasilannya tidak tetap. Selain itu, kalo kamu enggak kerja maka upahmu bisa dipotong. Berbeda dengan karyawan. Seorang karyawan akan dibayar setiap bulan dengan gaji tetap. Lalu, ditambah tunjangan dan bonus.

Prospek Freelancer Part-Time Relatif Kurang Aman, sedangkan Prospek Karyawan Sudah Terjamin dalam Kontrak Jangka Panjang

Prospek freelancer part-time bisa dibilang relatif kurang aman, sedangkan prospek karyawan sudah terjamin. Prospek freelancer part-time bisa dibilang relatif kurang aman. Sebab, pekerjaan mereka bisa selesai dalam jangka pendek. Kalo kamu kerjanya enggak cekatan, kurang-kurangnya kamu malah lebih banyak nganggur. Adapun prosepek karyawan, pekerjaannya sudah terjamin dalam kontrak jangka panjang dan jenjang kariernya juga bertingkat.

Freelancer Tidak Terikat Jam Kerja, sedangkan Karyawan Bekerja Sesuai Aturan Perusahaan

Freelancer tidak terikat jam kerja, sedangkan karyawan bekerja sesuai aturan perusahaan. Freelancer tidak terikat jam dan tempat kerja. Artinya, kamu bisa bekerja kapan saja dan di mana saja. Tapi, ingat! Setiap proyek memiliki deadline. Semakin pintar kamu mengelola waktu, semakin banyak pula waktu yang bisa dialokasikan untuk kehidupan pribadi. Adapun karyawan harus bekerja sesuai aturan perusahaan.

Freelancer Menyediakan Semua Fasilitas Kerja dengan Dana Pribadi, sedangkan Semua Fasilitas Karyawan Sudah Disediakan oleh Kantor

Freelancer tentu memerlukan fasilitas dalam bekerja. Tapi, freelancer harus menyediakan semua fasilitas yang dibutuhkan dengan dana pribadi, seperti menyediakan komputer, koneksi internet, listrik, hingga transportasi. Adapun karyawan biasanya terima kerja karena semua fasilitas sudah disediakan kantor, kendati terkadang kelengkapannya kurang.

Freelancer adalah Bos bagi Dirinya Sendiri, sedangkan Karyawan Perlu Memanajemeni Diri Sendiri demi Mencapai Sukses Karier yang Gemilang

Sebagai freelancer, kamu adalah bos bagi dirimu sendiri. Kamu perlu memanajemeni dirimu demi mencapai sukses gemilang. Hati-hati dengan godaan rasa malas dan kantuk! Kamu harus bisa mengatasinya dan membangun sistem dan budaya kerja yang baik. Adapun karyawan mempunyai atasan banyak. Jadi, mentalmu harus kuat.

Komentar

  1. Agan freelancer atau karyawan gan?
    Jadi freelancer memang lebih berat, tapi kalau udah dipercaya dan punya otoritas pasti makjleb enaknya kwkwkkw...
    BTW, kalau saya boleh brsaran itu awal kata judul pake huruf kapital gan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih brother masukannya malum baru bisa ngblog asal nulis aja hehehehe

      Hapus

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar untuk menjalin persahabatan, tapi jangan bikin spam.

Postingan populer dari blog ini

Dalam satu genggaman dengan kasir toko portable

Tahu enggak teman Ketika anda mengelola sebuah toko yang cukup besar dan menjual barang-barang yang sangat beragam mungkin anda akan menyadari bahwa memilih software toko atau kasir toko itu sangat penting. ketika pelanggan datang untuk memesan kamu harus cari daftar harga belum lagi mencatata invoice pembelian kalo satu mungkin bisa kamu tanganin Coba kamu bayangkan jika pembeli lumayan banyak repot bukan belum lagi ada yang marah-marah.
Dengan aplikasi kasir toko bukan hanya sekedar mencari daftar harga saja tapi bisa mengetahui kondisi persediaan atau Stock opname dan memudahkan dalam mendata barang-barang yang akan di jual. Selain untuk mengetahui laporan penjualan, aplikasi kasir toko juga dapat membantu toko untuk melakukan fungsi sistem pengendalian intern (SPI) dengan baik. Beberapa fungsi sistem pengendalian intern adalah untuk membandingkan persediaan stock dari bulan ke bulan, untuk mendapatkan HPP (Harga Pokok Penjualan) pada laporan keuangan, dan mengetahui kebenaran dala…

Situs penyedia gambar terbaik favorit saya

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tiga situs penyedia gambar terbaik favorite saya. Ya! gratis yang bisa anda gunakan untuk blog anda. Yang tentunya situs situs ini juga menyediakan gambar-gambar dengan kualitas terbaik.
Tahu enggak sobat ternyata gambar memiliki peran penting dalam sebuah blog atau website bukan itu saja saat kamu berbagi di sosial media pun gambar berperan sangat penting, selain sebagai bentuk visualisasi, gambar juga dapat mempercantik dan memperindah tampilan atau postingan blog tersebut. Sebagian blogger mengatakan bahwa gambar juga dapat mencirikan sebuah postingan, ya salah satunya gambar yang di sisipkan sesuai dengan tema tulisan posting blog tersebut. Gambar juga dapat memberikan inspirasi tersendiri bagi orang lain. Silahkan anda kunjungi situs tersebut.
Pixabay
Pixabay adalah komunitas kreatif yang dinamis, berbagi gambar dan video bebas hak cipta. Ini termasuk dari salah satu situs penyedia gambar favorit saya. Setiap kali saya membuat sebuah a…

Cara Merapikan Postingan Instagram Tanpa Menghapus

Pengguna Instagram kadang ingin merapikan tampilan feed di halaman Profil mereka. Alasa paling utama ingin menghapus foto-foto yang tidak lagi relevan atau tidak diinginkan. atau Banyak yang berusaha menghapus "aib" di beberapa foto yang diunggah saat awal menggunakan Instagram, termasuk foto-foto dengan filter-filter baru yang pada jamannya menjadi "hits" namun terbilang "jadul" untuk sekarang.


Diawal kemunculannya Instagram hanya memberikan opsi hapus untuk menghilangkan jejak foto seperti itu. Namun sekarang Instagram menawarkan opsi lain untuk menyembunyikan foto-foto yang "menghalangi" tampilan feed profil Instagram lebih rapih.

Opsi tersebut berupa fitur Arsip yang dirilis pertengahan 2017 lalu. Seperti namanya, fitur ini bekerja seperti kotak penyimpanan untuk memindahkan kiriman tertentu, termasuk Instagram Stories.

Lalu bagaimana caranya, pilih poto atau video. Lalu klik tiga titik di pojok kanan atas hingga muncul pop-up pilihan "…

Cara menghubungkan domain sendiri dengan blogspot

Selamat pagi sahabat apa kabar! Rasanya ingin sekali saya menulis setelah lama berhari-hari bahkan berminggu-minggu dilapangan bahkan sampai tidak sempat membuka email dan membuka blogger. Kegiatan 2 bulan ini lumayan padat Full dilapangan dalam rangka survei intenert redesain. Duduk seperti biasa dipagi hari yang sejuk dan dingin sambil minum secangkir teh ditemani gemercik air hujan yang jatuh membasahi atap rumah. Rasanya tak cocok kalo enggak buka laptop sambil menulis karena hari ini waktu tidak begitu padat. Sekarang dengan kemajuan teknologi semakin pesat semua infomasi semakin cepat didapatkan, dan ide-ide yang tersimpan bisa dituangkan dalam buku bukan itu saja bisa kamu tuangkan dalam catatan digital yang semua orang bisa membaca, teman saudara sampai ke penjuru dunia. Ya! blog sekarang media yang begitu tepat untuk menyalurkan hobi menulis, blog bukan sesuatu yang asing buat kita, medianya pun beranek ragam bisa dari blogspot, wordpress, tumblr dan medium.
Pas buka laptop …

Pilihan Terbaik dengan samsung galaxy J5Pro

Kayaknya smartphone samsung S3 mini minta diganti tiba tiba mati punya istri dan sudah dicoba dinyalakan beberapa kali sampai saya carger 30 menit dan sudah segala cara teknik dan jurus tetap tidak bisa mau enggak mau dah harus cari cari apa sih samrtphone yang lumayan bagus menurut saya dan cocok buat istri, dan saya akhirnya memilih samsung galaxy J5Pro istri pun oke dengan itu dari spek dan harga pun tidak terlalu sesak banget buat mengganti samrtphone yang rusak. Dari tampilan sih Ok jadi mupeng.

Menurut aku Samsung Galaxy J5 Pro menjadi salah satu smartphone yang sangat rekomended untuk kamu miliki, dari spek dan harga pun lumayan bersahabat. Dibanderol harga untuk Galaxy J5 Pro Rp 3.599.000. itu pun tergantung Toko Yah, setiap penjual beda-beda.
Samsung Galaxy J5 Pro datang dengan menawarkan banyak kelebihan, seperti sudah menjalankan sistem operasi Android versi baru yakni Android v7.0 Nougat.

Kemudian untuk Kamera depan Samsung Galaxy J5 Pro memiliki resolusi 13 megapiksel dan…