Monday, July 3, 2017

Tips Praktis Meredahkan Stres

Dalam kehidupan yang semakin kompleks sekarang ini, tidak sedikit orang yang mengalami stres. Masalah yang menjadi penyebab stres itu sendiri beragam, bisa masalah keuangan keluarga, masalah pekerjaan di kantor, masalah pelajaran dikampus atau disekolah dan sebagainya. Kebanyakan orang mungkin ada yang mampuh menyelesaikannya masalah dengan mengendalikan stres dengan baik, tapi ada sebagian orang tidak mampuh mengendalikan stress. Tentu dalam hal ini kita harus mempunya senjata pamungkas untuk bisa mengalahkan stress.

Dikutif dari buku Doa-doa penenang jiwa karya Abu Nabiel Ridha, sebenarnya stres akan bisa diatasi jika menyadari gejala-gejalanya lebih awal. Ada beberapa tips praktis berikut dapat Anda lakukan saat stres melanda jiwa Anda.
  1. Saat ketegangan melanda jiwa, mandilah dengan air hangat agar syaraf-syaraf anda berelaksasi.
  2.          Perbanyak Dzikir. Sebab, dengan berdzikir kita mengingat Allah, dan hanya dengan mengingat Allah-lah hati kita akan tenang.
  3.          Bacalah Al-Qur’an dan renungkanlah maknanya, insya allah hati anda akan lekas terobati. Sebab, Al-Qura’n adalah obat hati yang mujarab.
  4. Perbanyak doa kepada Allah.
  5.           Berolahraga. Selain cerasa fisik menyehatkan, olahraga dapat me-refresh jiwa Anda saat bertemu orang lain diluar rutinitas hidup anda. Dengan kata lain, olahraga menjadi sarana untuk memenuhi kebutuhan psikologi anda sebagai mahluk sosial.
  6. Kurangi konsumsi kafein, karena zat ini dapat meningkatkan intensitas tekanan darah dan menimbulkan kegelisahaan.
  7. Istirahata yang cukup pada malah hari, sesuaikan dengan kebutuhan anda.
  8. Lakukan refreshing, meski hanya sekedar jalan-jalan. Cara ini efektif untuk mengurangi kejenuhan yang melanda jiwa.
  9. Bercanda dan bercengkraman dengan orang-orang tercinta.
Semoga bisa bermanfaat untuk saya dan pembaca dan bisa meredahkan stres yang melanda kita sehari hari mari kita berikhtiar dengan tips-tips ini untuk medapatkan ketenangan batin.


EmoticonEmoticon