Wednesday, May 3, 2017

Berbagi sumber kebahagiaan dunia dan akhirat


Banyak orang yang terjatuh dalam kesalahan ini, ketika melihat seorang pria jika bertemu dengan istrinya maka ia adalah orang yang terburuk akhlaknya, paling pelit, dan yang paling sedikit kebaikannya. Namun jika ia bertemu dengan orang lain, maka ia akan bersikap lemah lembut, berakhlak mulia, hilang rasa pelitnya, dan banyak kebaikan yang dilakukannya. Tidak diragukan lagi barang siapa yang demikian kondisinya maka ia telah terhalang dari taufik (petunjuk) Allah dan telah menyimpang dari jalan yang lurus. Kita memohon keselamatan kepada Allah.”

Dan mari kita perhatikan, bagaimana Allah membuat perumpamaan untuk kita, dengan seorang hambah sahaya yang tidak kuasa atas sesuatu, dan orang itu Allah beri rezeki dan yang baik-baik. Lalu dia menafkahkan dengan cara sembunyi-sembunyi dan terang-terangan, maka apakah dia sama dengan orang yang mengingkari nikmat Allah? Tidak sama bukan?

Sahabat, ada saja orang yang masih enggan bersedekah. Mungkin kita yang telah merasakan manfaat luar biasa bersedekah padahal sedekah tidaklah mengurangi harta, apa yang membuat mereka terus menahan hartanya dari berinfak di jalan Allah?

Segala puji bagi Allah, akan tetapi kebanyakan kita tidak mengetahui. Maka itu ketahuilah oleh kita, dan mari kita nafkahkan sebagian rezeki yang telah Allah berikan kepada kita dengan cara sembunyi-sembunyi maupun secara terang-terangan, dan itu supaya kita beruntung didunia dan akhirat.

“Allah membuat perumpamaan dengan seorang hamba sahaya yang dimiliki yang tidak dapat bertindak terhadap sesuatupun dan seorang yang Kami beri rezeki yang baik dari Kami, lalu dia menafkahkan sebagian dari rezeki itu secara sembunyi dan secara terang-terangan, adakah mereka itu sama? Segala puji hanya bagi Allah, tetapi kebanyakan mereka tiada mengetahui. (QS 16:75)”

Saat kita berbagi, kita tidak hanya mendapatkan pahala. Bahkan, sudah luas diakui bahwa kita bisa mendapatkan juga hal-hal duniawi seperti kesehatan dan kebahagiaan. Rasulullah saw telah bersabda,

“Sedekah dapat menolak 70 macam bencana, yang paling ringan diantara bencana itu adalah penyakit kusta dan sopak.” (HR. Thabrani).

kalau sudah tahu begini, siapa yang tidak mau menafkahkan sebagian dari rezekinya? Mari kita mulai dari keluarga dan orang-orang terdekat disekitar kita. Memang berbagi itu menakjubkan


EmoticonEmoticon