Tuesday, March 14, 2017

Menjadikan Anak Saleh dengan Pendidikan


Kunci pertama adalah pendidikan yang baik. Seorang ayah dan ibu dibebani oleh Allah tanggung jawab dalam mendidik anaknya. Mengapa? Karena pemberian yang paling baik, menurut Nabi kita Rasulullah, adalah pendidikan bagi anak-anak kita.Itulah yang harus diperhatikan benar-benar oleh semua orang tua. Dengan pendidikan yang baik, kita memberikan modal kepada anak-anak kita agar ia bisa menghadapi dunia modern yang keras dizamannya nanti.


“The greatest gifts you can give your children are the roots of responsibility and the wings of independence.” - Denis Waitle


Menurut Denis Waitle, hanya ada dua hal terbaik yang bisa diberikan kepada anak-anak kita, yakni akar pertanggungjawaban dan sayap kemandirian. Ayah-Bunda, inilah kunci pertama dalam menghadapi kerasnya dunia modern abad 21. Didiklah anak-anak kita dengan baik, niscaya insya Allah mereka akan menjadi tangguh berkat pendidikan dari Ayah-Bunda sekalian. Sekolah ataupun lingkungan hanyalah teman Ayah-Bunda dalam mendidik. Jangan sampai malah lembaga tersebut yang mengambil alih.


Ibnu Qayyim al-Jauziyyah berkata:
“Siapa saja yang mengabaikan pendidikan anaknya dalam hal-hal yang berguna baginya, lalu dia membiarkan begitu saja, berarti dia


Hadist 1: Menjadikan Anak Saleh dengan Pendidikan yang Baik telah berbuat kesalahan yang fatal. Mayoritas penyebab kerusakan anak adalah akibat orang tua mengabaikan mereka, serta tidak mengajarkan berbagai kewajiban dan ajaran agama. Orang tua yang menelantarkan anak-anaknya ketika mereka kecil telah membuat mereka tidak berfaedah bagi diri sendiri dan bagi orang tua ketika mereka telah dewasa. Ada orang tua yang mencela anaknya yang durjana, lalu anaknya berkata, “Ayah, engkau durjana kepadaku ketika kecil, maka aku pun durjana kepadamu setelah aku besar. Engkau menelantarkanku ketika kecil, maka aku pun menelantarkanmu ketika engkau tua renta.” [Tuhfah al-Maudud hal. 125].


Jika pendidikan anak tidak diperhatikan oleh orangtua, akan ada akibat-akibat mengerikan yang bisa saja terjadi di masa depan.


EmoticonEmoticon