Minggu, 26 Maret 2017

Lima hal yang disesali setelah tiada


Penelitian ini tak sengaja dilakukan oleh para suster di Australia. Salah satunya: Bronnie Ware, yang bertugas merawat dan menemani para pasien di rumah sakit tempatnya bekerja.Ia mengamati bagaimana pasien berjuang atas penyakitnya, bagaimana pasien merasa kesakitan atau menyerah. Dan, Bronnie juga umumnya menjaga pasien yang usia hidupnya sudah tak lama lagi.

Rata- rata pasien yg dirawat: 12 minggu lamanya, kemudian mereka meninggal karena penyakit yang dialami ataupun karena menua.Kemudian ia terinspirasi untuk mengumpulkan beberapa jawaban atas sebuah pertanyaan sederhana. Yang kemudian dipublikasikan dalam sebuah buku berjudul: “The Top Five Regrets of the Dying”.

Dikatakan, bahwa sekian banyak pasien mengaku ada lima hal yang disesali menjelang ajal mereka.Yang

Pertama, “seandainya saja aku punya keberanian untuk hidup dengan caraku, dan menjadi diriku sendiri. Bukan hidup demi orang lain, dan menjadi yg orang lain harapkan.”
Kedua, “seandainya aku tidak bekerja terlalu sibuk dan punya banyak waktu untuk diriku dan keluargaku.”
Ketiga, “seandainya aku punya keberanian mengungkapkan perasaan yang terpendam.”
keempat, “seandainya aku selalu punya lebih banyak waktu untuk berkumpul dengan sahabat-sahabatku.”
Kelima, “seandainya aku membiarkan diriku merasakan kebahagiaan.”

Melalui buku yang ditulis, suster Bronnie Ware ingin menyampaikan pesan agar kelak kita tidak menyesali hal yang sama. Agar kita punya keberanian menjadi diri sendiri. Hidup dengan cara kita dan tidak hidup karena omongan orang lain. Agar pandai mengatur memanajemen waktu, sehingga masih punya waktu untuk diri sendiri dan keluarga. Agar punya keberanian mengungkapkan apa yang ada dalam perasaan kita. Agar punya banyak waktu untuk sahabat-sahabat dan kerabat kita dan Agar bisa secara nyata memberikan kebahagiaan pada diri sendiri dengan jalan yang berkah

N.B : artikel dicopy dari telegram pendidikan karakter diedit oleh Yogi Purnama Ramadhan sebagai inspirasi penulis

Artikel Terkait

Lima hal yang disesali setelah tiada
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email