Thursday, February 16, 2017

Tips Memilih Pakaian Untuk Anak



Seringkali orangtua mengabaikan pakaian yang dikenakan anak mereka ketika bepergian, tentu ini menjadi penilaian tersendiri bagi orang-orang yang melihatnya. Pakaian yang kurang baik, menjadikan kesan anak tidak diurus dengan baik. Hal penting yang mesti ayah bunda perhatikan yakni bahan yang akan bunda beli, amat disarankan untuk memilih pakaian anak yang terbuat dari bahan lembut dan mudah menyerap keringat seperti bahan katun

Berikut beberapa tips memilih pakaian yang tepat :
  1. Pilihkan bahan yang tepat untuk anak-anak. Keadaan kulit anak-anak masih sangat sensitif, sebagai orang tua bunda harus pintar memilih pakaian yang pas dengan kondisi usia anak bunda. Pakaian dengan bahan dasar katun, cocok untuk kondisi kulit si anak. Ketika pergi membeli pakaian, ajaklah si buah hati untuk menentukan pilihan baju yang ingin ia kenakan, berikan kebebasan kepada si anak untuk memilih, namun harus diperhatikan juga kondisi bahan baju tersebut. Pilihlah pakaian yang tidak membatasi ruang gerak si anak, dan dapat menyerap keringat dengan baik. Karena anak-anak cenderung suka bergerak bebas kesana-kemari, dengan pilihan bahan yang mudah menyerap keringat, tentu membuat anak bunda merasa nyaman. 
  2. Jangan menggunakan pakaian terlalu ketat. Anak masih dalam masa pertumbuhan, dalam memilih pakaian usahakan dilebihkan sedikit ukurannya, selain nanti si anak akan bertambah besar, juga untuk memberikan ruang gerak bagi si anak itu sendiri. Pakaian terlalu ketat membuat anak lebih cepat berkeringat, dan mengganggu proses pertumbuhan. Hindari memilih pakaian yang terlalu ketat bagi buah hati bunda. 
  3. Pemilihan warna pakaian. Pakaian anak yang terlalu banyak corak warna, akan membuat si anak terlihat aneh, bahkan mungkin terlihat seperti badut. Ada baiknya gunakan saja kombinasi dua warna dengan corak baju yang tidak terlalu ramai. Senadakan warna baju anak bunda dengan celana yang ia kenakan. Itu jauh terlihat lebih simpel, namun tetap menarik. 
  4. Model pakaian yang sopan. Sikap berpakaian sejak dini harus diajarkan oleh para orang tua kepada anaknya. Pilihlah pakaian yang sopan tidak melanggar norma kepantasan, khususnya bagi anak-anak perempuan. Karena pola berpakaian yang salah cenderung terbawa terus hingga si anak tumbuh dewasa nanti. seperti produk-produk Afrakids selalu mengedepankan kualitas, kreativitas, dan harga yang terjangkau. Dengan membeli produk Afrakids, maka mengajarkan nilai-nilai Islam keseharian pada anak-anak muslim di Indonesia menjadi lebih mudah. 
  5. Pilih asesoris yang tepat. Asesoris menjadi pilihan lain untuk menambah cara berpakaian anak bunda. Selain itu asesoris juga membuat si anak tampak lebih percaya diri lagi. Untuk anak laki, bisa ditambahkan dengan aneka macam topi, atau warm neck sebagai pemantas. Sedangkan anak perempuan, bisa menggunakan hijab atau jilbab anak. 
  6. Libatkan anak dalam memilih pakaian. Coba tidak ada salahnya bunda mengajak anak untuk membeli pakaian yang akan ia kenakan. Dengan begitu bunda bisa melihat selera si anak secara langsung, namun tetap bunda sebagai orang tua harus mengawasi pilihan yang mereka inginkan. Ada kalanya si anak hanyak menyukai motif pakaian, namun dari segi bahan ternyata tidak bagus. Biarkan mereka memilih, dengan bunda sebagai orang yang menyempurnakan lagi pilihan mereka. Jika si anak bingung untuk memilih, bunda bisa membantunya dengan mencontohkan padanan baju dan celana buat laki laki yang cocok bagi anak bunda. Dengan begitu si anak jadi jauh lebih percaya diri lagi dalam berpakaian. 
Terkadang sebagai orang tua kita bebas menentukan apa yang akan anak kita kenakan. Namun alangkah baiknya jika kita juga mendengar keinginan mereka, dan melihat busana yang ingin mereka kenakan itu seperti apa, dari situ kita bisa menilai, dan memperbaikinya, jika dirasa kurang baik. Karena berpakaian itu juga dapat menentukan perkembangan si anak itu sendiri, sikap percaya diri mereka bisa tumbuh dari cara berpakaian yang baik.


EmoticonEmoticon