Monday, February 13, 2017

5 kesalahan bisnis online bagi pemula



Terpikir olehku berjualan dengan social media menggunaka facebook sangat lah menggiurkan, dan facebook penggunanya paling banyak, untuk memasarkan produk. lalu saya enggak banyak bicara lalu action. pertama saya memposting produk saya. Langsung upload produk gambarnya pun buram malum belum bisa jpret kamera nya pun dari hape.

Satu minggu berlalu... tidak ada pesanan juga. Ah, maklum saja, kan baru 1 minggu. Jadi maklum saja kalau masih belum ada yang mau. 1 bulan berlalu dan saya pun kebingungan, wah sudah satu bulan belum ada yang laku juga uang jajan udah habis.

Oke saya coba jualan produk brand udah terkenal Tetapi, ternyata tidak ada perubahan sama sekali. malah yang ada makin rugi, lalu saya kembali bertanya disebuah forum. Banyak yang menyarankan untuk mempromosikan dagangannya melalui iklan. pikir saya, "Ngapain ngeluarin duit buat ngiklan? Sukur2 kalo modalnya balik. Kalo kaga?" katanya tanpa modal posting disosial media langsung laris.

Saya lalu berpikir, "ah, mungkin mereka ngga pernah perhatikan postingan ku kali. Harusnya ku tag mereka satu per satu. Supaya mereka lihat betapa bagusnya pakaian jualan ku ini." mulai lah saya ngetag satu persatu orang teman2 nya di facebook. Kenal ngga kenal, yang penting asal ngetag saja. Tidak hanya itu, saya juga mengirimkan banyak friend request kepada orang yang tidak aku dikenal. begitu di approve, orang itu langsung di tag promosi produk.

Kemudian lama - lama, teman-teman facebook mulai merasa terganggu dengan ulah saya yang asal main ngetag saja sembarangan. "Sapa sih nih orang? Kenal saja cuman di facebook, kok ini orang langsung ngetag sembarangan tidak ada kerjaan usil banget!" kata teman - teman.

Akhirnya, tidak lama kemudian, Facebook saya diblok oleh pihak facebook karena banyak melakukan spam. Mau nya jadi tajir, malah kena blokir. Sakit nya tuh dalam banget, huf duduk termenung lihat dompetnya yang masih kosong.Lalu saya cari cari dimana kesalahan jualan online saya? Kok barang dagangannya ngga laku? Ternyata Ini dia beberapa kesalahan saya
  1. Tidak mencari tahu kebutuhan pasar. Menjual barang yang menurut saya bagus dan menurutku mungkin pasti laris.Tapi menurut calon pembeli gimana? Kalo pembeli nya merasa tidak tertarik, lalu ngapain mereka keluar uang buat beli produk kita? 
  2. Tidak mencari target pasar yang tepat. Mungkin saja barang dagangan yang saya jual itu ada peminatnya. Buktinya, teman online shop banjir orderan sampe naik kapal saking lubernya sampai jualannya sukses. Menjual kaos anak di komunitas anak muda, akan jauh berbeda hasilnya dengan menjual pakaian anak di komunitas ibu ibu muda. 
  3. Menghilangkan biaya promosi. Ini adalah salah satu hal pertama saya memulai bisnis online. Kalau kita sudah berada di pasar yang tepat, mungkin menekan biaya promosi pada awal -awal tidak akan berpengaruh banyak. Misalnya kita punya relasi teman - teman yang tertarik dengan produk kita. Tetapi Bagiamana jika kita tidak berada di pasar yang tepat, maka apa yang harus kita lakuan, mau tidak mau kita harus promosi untuk menjangkau pasar itu dan memperkenalkan produk kita lebih luas. 
  4. Perencanaan bisnis. Ini Penting saya terlalu semangat jadi lupa sebelum menjalankan bisnis, merencanakan bisnis yang akan saya jalankan. Tanpa pertimbangan yang matang, bisnis online juga hampir sama dengan berbisnis Offline. 
  5. Spamming. Ini juga adalah salah satu kesalahan saya diawal awal bisnis online. ngetag orang sembarangan. Apalagi kalau dikombinasikan dengan target pasar yang salah dan tidak didekati lebih dulu, maka lengkap sudah. Sudah ngga butuh produknya, ngga kenal, tau - tau ngetag sembarangan. Nyebelinkan! Kalau orang yang anda asal tag itu masih sabar, mungkin anda hanya dicuekin. Tapi kalau orang yang anda tag itu sudah muak dengan anda, siap saja anda diblokir, atau anda akan direport. Hasilnya? akun sosmed anda terancam BANNED PERMANENT! 


EmoticonEmoticon