Senin, 16 Januari 2017

Jadilah generasi millenials yang bijaksana





Generasi yang lahir mulai dari tahun 1980 sampai tahun 2000 dikategorikan sebagai generasi Y atau generasi millenials. Ciri- ciri dari generasi ini di antaranya adalah gemar sekali menatap gadget alias smartphone. Hari harinya didominasi dengan bermain media sosial

Tak ayal jika generasi millenials ini setiap ada kesempatan luang tidak dimanfaatkan kecuali asik menatap gedget. Kondisi itu dipacu oleh rasa tidak mau ketinggalan dengan moment yang menarik disekitarnya, sehingga tidak ada media komunikasi yang paling mereka gemari, selain dari pada gedget nya sendiri.

Hal ini sangat wajar, mengingat setiap terjadi loncatan teknologi. Juga terjadi lompatan prilaku, dimana komunikasi digital adalah hal yang tidak dialami oleh generasi Muslim yang cerdas, ada istilah millenials generasi Y , tidak sepatutnya kualitas iman dan kualitas diri jadi ikut ikutan yang hidupnyan seperti tersihir gadget.

Jika kedepan teknologi terus berkembang, mungkin ada istilah baru lagi. Tetapi, dalam konteks jati diri sebagai muslim, jelas tidak boleh berubah, mau seperti apapun teknologi berkembang.

Jika demikian, apa yang sepatutnya menjadi prioritas untuk diperhatikan oleh setiap generasi muslim di era serba digital.

Setidaknya ada dua langkah yang harus di ingat oleh generasi muslim:
  1. Dunia nyata, yang setiap kita tidak boleh tidak shalat, tidak boleh tidak baca alquran dan tidak boleh menjadi generasi yang asosial alias tidak mau bergaul, sebab dalam islam ada silaturahim. Dan kamu tetap mencintai majelis ilmu dimesjid, sekolah, dan dimana pun. Hormati orang tua, guru dan berpakaian secara sopan. 
  2. Dunia digital dimana era generasi berinteraksi dengan sosial media seperti twitter, google plus, facebook dan instagram. Hendaknya kita tetap berselancar secara proporsional dalam menggunakannya. Jauh akun akun yang membuat kamu terbedaya, mulai dari cara berpakaian, hobi dan pola pikir, coba ikuti akun akun yang memang bisa membuat kamu kian dekat dengan islam. Sekarang banyak artis artis sudah mulai mengikuti sunah. Termasuk berhijab secara syar’i bagi muslimah 
Jangan lupa tentu pastinya untuk generasi digital bagi muslim mencari informasi kajian penting dan kamu butuhkan seputar islam didunia maya untuk menambah wawasan, ilmu, kawan, dan pengalaman. Dengan demikian, diri kita akan selamat dari wawasan yang sempit, jiwa yang kerdil, dan senang dalam keterbedayaan.

Lebih keren lagi kalau kamu mau cari dan ikuti akun akun ustadz, tokoh-tokoh muslim yang jelas keberpihakan terhadap umat islam.

Dua langkah diatas, jika kamu terapkan dengan baik. Sifat kebijaksanaan akan hadir dan memancar dalam keperbadian kamu. Apabila kebijaksanaan ini hadir dalam jiwa kita. Maka tidak ada yang lebih kita gemari selain beramal soleh. Kalau diduna nyata lisan terjaga, persaudaraan dijaliin dan prilaku pun mulia.

Artikel Terkait

Jadilah generasi millenials yang bijaksana
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email